Beranda | Artikel
Doa Meminta Perlindungan dari Keburukan
Selasa, 7 Januari 2020

Bersama Pemateri :
Syaikh `Abdurrazzaq bin `Abdil Muhsin Al-Badr

Doa Meminta Perlindungan dari Keburukan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Kifayatul Muta’abbid wa Tuhfatul Mutazahhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada 25 Rabbi’ul Tsani 1441 H / 22 Desember 2019 M.

Download mp3 kajian sebelumnya: Berdzikir Adalah Kehidupan Untuk Hati Manusia

Kajian Islam Ilmiah Tentang Doa Meminta Perlindungan dari Keburukan

Sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu meriwayatkan bahwasannya datang seorang laki-laki kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kemudian orang itu mengatakan:

يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا لَقِيتُ مِنْ عَقْرَبٍ لَدَغَتْنِي الْبَارِحَةَ

“Sungguh aku merasa kesakitan disebabkan kalajengking yang menyengatku tadi malam.”

Maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan:

أَمَا انك لو قلت حِينَ أَمْسَيْتَ: أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ، لَمْ تَضُرَّكَ

“Adapun engkau, seandainya membaca ketika di sore hari: A’udzubikalimaatillhittaamaati min syarri maa kholaq (Aku berlindung diri kepada Allah dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari keburukan ciptaannya), maka tidak akan membahayakanmu,” (HR. Muslim)

Sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: بِكَلِمَاتِ اللَّهِ, berkata Al-Harawiy, kalimat Allah di sini adalah Al-Qur’an. التَّامَّاتِ (yang sempurna) yaitu yang al-kamilah. Dan ada yang mengatakan arti التَّامَّاتِ adalah yang bermanfaat yang mencukupi dan menyembuhkan dari apa yang seorang berlindung diri darinya.

Penjelasan Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr

Bahwa perkataan orang tersebut:

مَا لَقِيتُ مِنْ عَقْرَبٍ لَدَغَتْنِي الْبَارِحَةَ

“Sungguh aku merasa sangat kesakitan disebabkan kalajengking yang menyengatku tadi malam.” Yaitu aku mendapatkan rasa sakit yang sangat keras.

Maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan kepadanya: “Adapun seandainya engkau membaca disore hari:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“Aku berlindung diri kepada Allah dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari keburukan ciptaanNya”, maka tidak akan membahayakanmu.

Maksudnya adalah racun kalajengking tersebut tidak akan membahayakanmu. Maka bisa jadi seorang disengat oleh kalajengking akan tetapi tidak terjadi bahaya padanya walaupun racun kalajengking tersebut masuk ke badannya. Maka di sini yang ditiadakan bukan adanya sengatan, akan tetapi yang ditiadakan adalah adanya bahaya walaupun seandainya racun tersebut masuk ke badan seseorang maka tidak akan berpengaruh sama sekali dan dia tidak akan mendapatkan bahaya sama sekali.

Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Doa Meminta Perlindungan dari Keburukan


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/48041-doa-meminta-perlindungan-dari-keburukan/